Monday, June 4, 2012

Objek Wisata Taman Buah Mekarsari (softskill)


Lokasi taman wisata mekarsari bogor ini terletak di  Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi ini bisa dicapai dengan angkutan umum dari Jakata, Bogor, maupun Bekasi, jurusan yang menuju ke Jonggol. Dari tempat saya tinggal, yaitu Cibubur tidak memerlukan waktu yang banyak untuk sampai kepada objek wisata mekarsari Bogor. Tetapi bagi anda yang tinggalnya sedikit jauh, untuk mencari objek wisata tersebut tidaklah susah. Tempat cukup strategis dan terlihat. Petunjuk menuju tempat juga sangat mudah dan jelas. 

Tiket masuk Taman Buah Mekarsari ini sebesar Rp. 10.000 / orang dan tiket untuk mobil sebesar Rp. 5.000 dan sepeda motor sebesar Rp. 3.000. Jadi, dengan biaya yang tidak terlalu mahal, Anda dapat masuk ke taman buah seluas 265 hektar ini.

Banyak sekali sarana wisata di Taman mekarsari Bogor. Taman seluas 264 hektar ini dilengkapi dengan sarana wisata untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara. Wisata di tengah taman buah didukung oleh berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam, di anataranya:

§  Family Garden,
§  Rekreasi Danau (25 ha),
§  Baby Zoo,
§  Rusa Tutul,
§  Garden Center,
§  Greenhouse Melon,
§  Sabut Kelapa Outbound
§  Bunga Bangkai,
§  Kids Fun Valley,
§  Menara Pandang,
§  Bangunan Air Terjun (Puri Tirto Sari).
§  Pongo Show
Kegiatan-kegiatan yang menjadi favorit pengunjung antara lain:
§  Company Gathering,
§  Piknik Keluarga,
§  Wisata Kebun Buah/Sayur,
§  Barbeque,
§  Senam Pagi,
§  Fruitwalk (jalan-jalan di kebun buah).

Keunggulan Taman Wisata Mekarsari:

-       Taman mekarsari mempunyai fungsi ganda, disamping menjadi objek wisata yang indah, juga bisa menghasilkan buah-buah unggul yang kualitasnya terjamin.
-       Potensi alam yang sangat menunjang, sehingga memungkinkan semua tumbuhan dapat tumbuh dengan baik.
-       Danau cipicing yang seluas 20 hektar. Danau ini sangat mendukung keasrian dan keindahan pada Taman Mekarsari,
-       Lokasi Taman Mekarsari yang terletak kurang lebih 35 km dari kota Jakarta maupun Bogor merupakan hal yang terpenting, karena lokasi yang relatif dan terjangkau dari kota-kota besar.
-       Keberadaan Taman Mekarsari dapat dukungan penuh dari pemerintah baik dari pemerintah pusat maupun daerah.
-       Fasilitas cukup lengkap

Kekurangan Taman Wisata Mekarsari:

-       Belum rampungnya pembangunan Taman Mekarsari seutuhnya. Contoh: kios-kios makanan yang belum terlalu banyak dan lengkap. Dan atraksi untuk anak dewasa masih terbatas.
-       Masih banyak pohon yang belum berbuah dan masih kecil-kecil sehingga memberikan kesan gersang terhadap tempat tersebut.
-       Kondisi cuaca di Taman Mekarsari cenderung panas menyengat terutama di musim kemarau sehingga pengunjung pun mudah kepanasan karena hampir seluruh atraksi wisata di Taman Mekarsari adalah alam terbuka.
-       Jam kunjung yang sangat minim karena di batasi.

Solusi:

-       Agar masyarakat tidak kecewa seharusnya di brosur-brosur yang di promosikan sebaiknya tidak berlebihan agar tidak membuat pengunjung senantiasa kecewa terhadap yang mereka lihat.
-       Sebaiknya jam kunjung di tambahi hingga pukul 18.00 dimana hawa akan terasa lebih sejuk atau seharusnya pengelolah menambahkan tenda untuk berteduh disana.



Nama: Nabiya Rizki Meida
NPM: 15611066

No comments:

Post a Comment